Nama : Noffrihendri
Npm : 57414999
Kelas : 2IA17
Mata Kuliah : Pengantar WEb Science
PENGERTIAN WEB SCIENCE
Web
adalah kumpulan halaman yang dapat menampilkan informasi berupa gambar,
animasi, tulisan, suara maupun gabungan dari keseluruhannya yang bersifat
statis atau dinamis yang dapat membentuk rangkaian yang saling terkait yang dihubungkan
dengan banyak link. Science adalah ilmu pengetahuan yang didapat dan bisa
menjadi pengetahuan bagi masyarakat untuk memberi informasi yang akurat. Jadi
Web Science adalah kumpulan halaman yang menampilkan informasi berupa ilmu
pengetahuan bagi masyarakat.
Web
Science itu sendiri didirikan pada tahun 2006 dengan nama Web Science Research
Initiative (WSRI). Web Sicence ini awalnya adalah hasil dari Memorandum of
Understanding antara MIT CSAIL dan University of Southampton, ECS. Ambisinya
adalah mengkoordinasi dan mendukung sentralisasi pembelajaran World Wide Web.
Sejak pertama kali diluncurkan, konsep Web Science sudah menyebar secara meluas
dan mengukuhkan diri sebagai area aktifitas yang penting.
Aktifitas WSRI fokus pada:
(i) artikulasi
agenda penelitian untuk komunitas scientific
(ii)
mengkoordinasi pengembangan materi pembelajaran Web Science dan
(iii)
mengikat pemikiran tentang kepeminpinan pada sektor yang berkembang ini.
Untuk melanjutkan
aktifitasnya dan mendukung pengembangan Web Science secara global, para
direktur WSRI membuat badan amal-the Web Science Trust (WST). WST berkerja sama
dengan World Wide Web. Tujuannya adalah
untuk mendorong partisipan luas dalam pengembangan Web Science. the Foundation
mempunyai misi untuk meningkatkan Web. the Trust dan the Foundation mempunyai
kesamaan komitmen untuk melanjutkan disiplin dari Web Science dan akan bekerja
bersama pada beberapa proyek yang memperbaiki pengertian tentag Web Science dan
mempromosikan dampak positif Web Science pada masyarakat luas.
SEJARAH SINGKAT WEB
Website
pertama kali ditemukan oleh Sir Timothy John, Tim Berners-Lee. Pada tahun 1991
website terhubung dengan jaringan.Tujuan dari dibuatnya website pada saat itu
yakni untuk mempermudah tukar menukar dan memperbaharui informasi kepada sesama
peneliti di tempat mereka bekerja. Dengan demikian pengertian website saat itu
masih sebatas tukar menukar informasi, bukan pengertian website secara
terminologi.
Website
dipublikasikan ke publik setelah adanya pengumuman dari CERN pada tanggal 30
april 1993. CERN menyatakan bahwa website dapat digunakan secara gratis oleh
semua orang. Pada saat ini pengertian website sudah masuk ke dalam ranah publik
karena sudah bisa digunakan oleh semua orang dimanapun dan kapanpun.
Secara garis besar, website
bisa digolongkan menjadi 3 bagian yaitu:
Website Statis
Website Dinamis
Website Interaktif
Website Statis adalah web
yang mempunyai halaman tidak berubah. Artinya adalah untuk melakukan perubahan
pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit code yang menjadi
struktur dari website tersebut.
Website Dinamis merupakan
website yang secara struktur diperuntukan untuk update sesering mungkin.
Biasanya selain utama yang bisa diakses oleh user pada umumnya, juga disediakan
halaman backend untuk mengedit kontent dari website. Contoh umum mengenai
website dinamis adalah web berita atau web portal yang didalamnya terdapat
fasilitas berita, polling dan sebagainya.
Website Interaktif adalah
web yang saat ini memang sedang booming. Salah satu contoh website interaktif
adalah blog dan forum. Di website ini user bisa berinteraksi dan beradu
argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka. Biasanya website seperti
memiliki moderator untuk mengatur supaya topik yang diperbincangkan tidak
keluar jalur.
PRE WEB.
1. Memory Extender (MEMEX)
Memory
Extender merupakan sebuah mesin mekanis yang berfungsi sebagai piranti
penyimpanan dan pengambilan informasi. Memex memanfaatkan teknologi microfilm
sebagai media penyimpanan. Secara fisik Memex dideskripsikan terdiri atas
sebuah meja yang dilengkapi dengan layar, keyboard, tombol dan pengungkit
(lever) serta tempat penyimpanan microfilm. Informasi yang tersimpan dalam
microfilm dapat diakses dengan cepat dan ditampilkan melalui layar yang
disediakan. Sebagaimana otak manusia membentuk memori melalui asosiasi neuron,
pengguna dapat menghubungkan dokumen-dokumen yang tersimpan pada Memex.
2. HyperText
HTML (HyperText Markup
Language) adalah sebuah bahasa pemrograman yang berfungsi untuk membuat sebuah
halaman web, menampilka berbagai informasi di dalam sebuah web Internet dan
pemformatan hypertext yang ditulis dalam format ASCII (American
Standard Code for Information Interchange) supaya dapat mewujudkan
tampilan yang terintegerasi (Duwi
Priyatno dalam Belajar Mudah Internet, 2009).
Dengan kata lain, berkas
yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dengan format
ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML.
Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan
dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language),
HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara umum untuk menampilkan halaman
web.
HTML saat ini merupakan
standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya
oleh W3C (World Wide Web Consortium). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau
TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989.
3. Internet
Internet berasal
dari stilah Interconnected Network yang berarti kumpulan komputer
yang menghubungkan satu dengan yang lain pada jaringan komputer di seluruh
dunia. Internet dapat menghubungkan komputer dan jaringan hal ini terjadi
katena adanya teknologi protokol standar komunikasi internasional yang disebut
protokol TCP / IP (Sunarto
dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMA/MA, 2006).
Internet pertama didunia
disebut ARPANET (Advenced Research Project Agency Network) yang dimulai pada
bulan Oktober 1960 dan diketuai oleh Joseph Licklider, dan ARPANET
diperkenalkan pada Oktober 1972. Awalnya internet dibuat untuk kepentingan
militer dan kesehatan namun dalam perkembangannya ARPANET mengalami kesulitan
sehingga memecahkan diri menjadi dua yaitu MILnet untuk kepentingan militer dan
ARPANET untuk kepentingan nonmiliter. komputer di University College (London)
merupakan komputer pertama di luar Amerika yang menjadi anggota ARPANET.
Pada tahun 1973, Vinton Cerf
dan Bob Khan mempresentasikan gagasan yang lebih besar, mereka membuat kelompok
kerja yang disebut International Network Working Group (INWG).
Pembicara pertama adalah vinton cerf yang disebut sebagai bapak internet. Pada
tahun 1980 internet mulai direkomendasikan dan diprivatisasi yang ditandai
dengan adanya Internet Service Provider (ISP). Pada tahun 1990 internet mulai
menawarkan pola komunikasi yang baru yaitu dengan e-mail dan web.
4. File Transfer Protocol (FTP)
FTP
merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan. FTP
dimulai dari tahun 1971 ketika itu sistem file transfer (dijelaskan dalam
RFC141) dikembangkan antar mesin di MIT (Massachusetts Institute of
Technology). File Transfer Protokol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi
untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang mensupport TCP/IP protokol.
Dua hal penting yang ada dalam FTP adalah FTP server dan FTP Client. FTP server
menjalankan software yang digunakan untuk tukar menukar file, yang selalu siap
memberkan layanan FTP apabila mendapat request dari FTP client. Sedangkan FTP
client adalah komputer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar
menukar file (mengupload atau mendownload file).
5. Gopher
Gopher
diciptakan pada tahun 1991 oleh Mark Mccahill di Universitas Minnesota. Karena
berbentuk file teks, hampir semua situs gopher menjadi website setelah
terciptanya World Wide Web.
Gopher
adalah program berbasis teks yang digunakan untuk mem-browser daftar menu
Internet pada berbagai server gopher. Situs Gopher adalah komputer yang
menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara
mendasar, menu-menu ini merupakan daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke
sebuah informasi tertentu. Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file
dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu. Gopher yang memiliki sistem
berbasis menu paling dasar ini menyediakan konektifitas yang saling berhubungan
antara file-file pada komputer-komputer Internet.
WEB
Web
1.0
Web 1.0 merupakan teknologi
awal dari sebuah website, teknologi ini masih statis dimana antara pembuat
website dan penikmat website hanya tejadi komunikasi 1 arah dimana pembuat
sebagai pemberi informasi dan penikmat hanya sebagai pembaca. Web 1.0
dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit
interaktif. Secara garis besar, sifat Web 1.0 adalah Read-Only dan bahasa yang
digunakan pada Web 1.0 menggunakan bahasa HTML.
Web
2.0
Sifat Web 2.0
adalah Read-Write.Web 2.0 lebih menekankan pada perubahan cara berpikir
dalam menyajikan konten dan tampilan di dalam sebuah website. Di era Web 2.0
sekarang,web digunakan untuk berbagi, pertemanan, kolaborasi menjadi sesuatu
yang penting. Web 2.0 memungkinkan pengguna untuk melakukan lebih dari sekedar
mengambil informasi. Mereka dapat membangun pada fasilitas interaktif.
Yang menjadi kunci perbedaan
dalam Web 2.0 dan Web 1.0 adalah keterbatasan pada Web 1.0 yang mengharuskan
pengguna internet untuk datang ke dalam website tersebut dan melihat satu
persatu konten di dalamnya.Sedangkan Web 2.0 memungkinkan pengguna internet
dapat melihat konten suatu website tanpa harus berkunjung ke alamat situs yang
bersangkutan.Kemampuan web 2.0 dalam melakukan aktivitas drag and drop, auto
complete, chat, voice dapat dilakukan layaknya aplikasi desktop.
Web
3.0
Web 3.0 adalah generasi
ketiga dari layanan internet berbasis web. Web 3.0 merupakan pengembangan dari
website di mana content web tidak hanya dalam format bahasa manusia yang umum ,
tetapi juga dalam format yang dapat dibaca oleh bahasa mesin . Web ini masih
dalam tahap pengembangan. Akan tetapi, banyak yang memperkirakan web ini akan
berkembang pesat pada tahun 2010-2020.
Konsep Web 3.0 itu sendiri
pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001, saat Tim Berners-Lee, penemu World
Wide Web, menulis sebuah artikel ilmiah yang menggambarkan Web 3.0 sebagai
sebuah sarana bagi mesin untuk membaca halaman-halaman Web. Saat menginginkan
sebuah kata, kita dapat mencarinya dengan search engine seperti Google. Maka
fungsi web menjadi wadah untuk pertukaran data, informasi, dan pengetahuan yang
dapat menghasilkan kecerdasan buatan yang dapat mengerti keinginan penggunanya,
dengan menggunakan web 3.0 kita juga diberikan keleluasaan untuk dapat
melakukan modifikasi pada website itu sendiri.
Web 4.0:
Ultra Agen Elektronik Cerdas
Konsep
Web 4.0/4.x The Ultra-Intelligent Electronic Agent adalah private secretary dalam
bentuk organisme buatan. Pada dasarnya setiap hari seseorang pasti mempunyai
sebuah rutinitas pekerjaan setiap harinya. Apapun bentuk rutinitasnya , teknologi
ini bisa mengetahui seluruh rutinitas tersebut melalui aplikasi
komputer/program/tools/device yang kita miliki yang dijalankan secara online.
Jadi kemanapun seseorang pergi, dan apapun yang dilakukan seseorang semuanya
direcord oleh alat-alat tersebut, dan nantinya akan digunakan jika ingin
mengetahui informasi apa yang dibutuhkan, bahkan teknologi ini bisa
mengingatkan, menginterupsi dan memberikan informasi manakala ada perubahan
dari sebuah sechedule/rutinitas, membantu melakukan pencarian. Inti dari Web
4.0. dapat mengetahui apa saja yang kita lakukan, dan dia juga bisa membantu
dalam melakukan pencarian informasi, menyimpan histori pencarian, bahkan
mempertemukan orang-orang yang mencari informasi yang sama, teknologi ini juga
memanfaatkan kemampuan intelegent buatan,
Menurut Seth Godin dalam blognya, syarat utama teknologi Web 4.0 :
1.Ubiquity, Syarat ini dibutuhkan karena domain dari teknologi Web 4.0 adalah aktivitas bukan hanya sekedar data, dan sebagian besar aktivitas manusia berjalan offline.
2.Identity, Karena distribusi informasi spesifik ditujukan dan didedikasikan untuk seseorang/pribadi sehingga diperlukan informasi mengenai identitas pribadi yang bersangkutan, rutinitasnya dan apa yang dibutuhkan oleh pribadi tersebut.
3.Connection, Tanpa relasi/hubungan seseorang tidak ada artinya dalam teknologi Web 4.0 karena teknologi ini dikembangkan untuk kepentingan ini (making connection).
ARSITEKTUR WEB
Arsitektur
Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan
situs. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada
pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada
konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain
arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki
apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide
Web. Website arsitektur akan datang dalam ruang lingkup estetika dan teori
kritis dan kecenderungan ini dapat mempercepat dengan munculnya web semantik
dan web 2.0.
Website
arsitektur memiliki potensi untuk menjadi istilah yang digunakan untuk disiplin
intelektual mengatur konten website. ”Web desain”, dengan cara kontras, menggambarkan
tugas-tugas praktis, bagian-bagian-grafis dan teknis, dari merancang dan
menerbitkan sebuah situs web. Perbedaan tersebut dibandingkan dengan yang
antara tugas mengedit sebuah koran atau majalah dan desain grafis dan
pencetakan. Setiap halaman website hendaknya tidak lebih dari 2 (dua)
level kedalaman atau 2 (dua) kali klik dari halaman depan (home).
Struktur 3 (tiga) lapisan
ini menghasilkan sebuah website yang mudah ditelusuri bagi pengunjung. Terdapat
pula halaman-halaman yang tersedia pada sebuah website:
1.
Halaman Depan (Home Pages)
Setiap website memiliki
halaman depan. Halaman depan merupakan halaman pertama yang dilihat
oleh pengunjung dan juga merupakan halaman yang paling penting dalam
mendapatkan urutan pencarian yang tinggi dari mesin pencari, karena mesin
pencari memberikan lebih banyak bobot kepada halaman depan darimana halaman
lainnya. Halaman depan harus memberikan informasi yang jelas dan singkat.
2.
Halaman Produk/Jasa
Bagian utama dari website
berisi penawaran produk dan/atau jasa. Pada bagian ini harus menggambarkan
secara singkat dan tepat apa yang ditawarkan. Jumlah halaman produk/jasa
hendaknya disesuaikan dengan jumlah produk/jasa yang ditawarkan. Apabila jumlah
produk/jasa yang ditawarkan banyak, maka halaman utama produk/jasa bisa berisi
ringkasan dari keseluruhannya.
3.
Halaman Informasi
Profil: berisi sejarah
mengenai bisnis atau perusahaan, visi dan misi, siapa saja pengurus inti
website atau perusahaan, dan hal-hal penting lainnya mengenai bisnis atau
perusahaan.
FAQ (Frequently Asked
Question): berisi pertanyaan-pertayaan umum mengenai produk atau jasa.
Testimoni: berisi kesaksian
pelanggan mengenai penggunaan produk dan/atau jasa yang ditawarkan.
Surat kabar elektronik:
berisi berita-berita mengenai produk dan/atau jasa baru, tips-tips, promo-promo
yang diadakan, serta pengumuman-pengumuman lainnya.
4.
Halaman Keanggotaan
Halaman keanggotaan
merupakan bagian yang penting sekali untuk pengembangan website di masa
mendatang. Dengan mengetahui siapa saja pengunjung dan perkembangan jumlah
pengunjung aktif .
5.
Halaman Kontak
Halaman kontak berisi
cara-cara untuk menghubungi pengurus website, bisa melalui email, telepon, fax,
chatting, surat, ataupun dengan cara mengisi formulir pertanyaan atau komentar
secara online. Hal ini akan memberikan rasa nyaman kepada pengunjung karena
mereka bisa berhubungan dengan pemilik website.
Bagian-bagian dari
Arsitektur Website:
1.
Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
HTTP adalah sebuah
protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi
terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia.
2. WWW
(World Wide Web)
WWW (World Wide
Web) merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi
menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama.
3. URL
(Universal Resource Locator)
URL( universal resource
locator) merupakan suatu konsep penamaan lokasi standar dari suatu
file,direktori,computer, dan lokasi komputernya sesuai dengan metode yang
digunakan. URL tidak hanya dapat menunjuk ke suatu file tapi dapat juga
menunjuk suatu query, dokumen dalam suatu database atau hasil dari perintah
finger atau perintah archie .
4. XML
(Extensible Markup Language)
XML (Extensible Markup
Language) merupakan bahasa web turunan dari SGML (Standart Generalized
Markup Language) yang ada sebelumnya. XML hampir sama dengan HTML, dimana
keduanya sama-sama turunan dari SGML.
5. JavaScript
JavaScript
adalah bahasa pemrograman berbasis prototipe yang berjalan disisi klien.
jika kita berbicara dalam konteks web, sederhananya, kita dapat memahami
JavaScript sebagai bahasa pemrograman yang berjalan di browser. Javascript
dipanggil untuk memberikan fungsi pada halaman web dengan meletakannya secara
internal pada halaman html diantara tag atau dibuat pada file terpisah (
eksternal ).
6. AJAX
AJAX disini adalah singkatan
dari Asynchronous JavaScript and XML. Ajax merupakan gabungan beberapa
teknologi yang bertujuan untuk menghindari page reload.
PENGARUH WEB SCIENCE
web science
memberikan dampak yang sangat banyak pada masyrakat, baik itu dikalangan
pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat umum lainnya. Diantaranya adalah:
Dampak Positifnya :
1.
Memudahkan kita dalam mencari segala
informasi apapun, baik itu dibidang science atau dibidang lainnya.
2.
Memudahkan dalam pencarian data dan fakta
yang akurat.
3.
Menghemat biaya dalam pencarian informasi.
4.
Meningkankan efisiensi waktu.
Dampak negatifnya :
1.
Rawan terjadinya penjiplakan karya,tanpa
mencantumkan sumber dalam pengambilan data.
2.
Rawan terjadinya pemalsuan data atau
pemalsuan informasi.
3.
Sering terjadi penyalahgunaan web ke arah
yang buruk.
4.
Orang hanya mengandalkan web dalam mencari
informasi, tanpa diikuti sumber yang lain.
KESIMPULAN
Dari penjelasan diatas kita dapat
mengambil kesimpulan, jadi Web adalah
kumpulan halaman yang dapat menampilkan informasi berupa gambar, animasi,
tulisan, suara maupun gabungan dari keseluruhannya yang bersifat statis atau
dinamis yang dapat membentuk rangkaian yang saling terkait yang dihubungkan
dengan banyak link. Sedangkan Science adalah ilmu pengetahuan yang didapat dan
bisa menjadi pengetahuan bagi masyarakat untuk memberi informasi yang akurat.
Jadi Web Science adalah kumpulan halaman yang menampilkan informasi berupa ilmu
pengetahuan bagi masyarakat.
Web Science dibuat bertujuan untuk
memberikan informasi bagi masyrakat mengenain ilmu pengetahuan, web science
juga dikembanglan untuk proses pembelajaran dan pemberian materi mengenain
science, web science ini juga dibuat untuk perkembangan ilmu pengetahuan, web
science ini juga banyak memberikan banyak dampak bagi kehidupan masyarakat
luas, baik itu dampak negative maupun dampak positif. Salah satu dampak
positifnya adalah memudahkan kita dalam mencari informasi yang kita inginkan dan
meningkatkan efisiensi kita dalam mencari informasi, sedangkan dampak
negatifnya adalah rawan terjadi plagiat atau menkopi tanpa mencatumkan sumber
dan terjadi penyalah gunaan web ke hal yang dilarang.
Vidio Tentang webs
https://youtu.be/6qYuUw9BogU
Vidio Tentang webs
Daftar
Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar